Kode Etik dalam Berbisnis
Dalam setiap organisasi bisnis
terdapat lebih dari satu orang pelaku bisnis yang
bekerjasama untuk mencapai tujuan
bisnis. Dilihat dari jenjang/tingkatan dan fungsinya suatu organisasi
perusahaan adalah satu kesatuan bersama. Walaupun ada kode etik umum dalam
setiap fungsi dan jenjang jabatan, tetap berlaku isu-isu etika yang bersifat
spesifik. Setiap elemen di dalam perusahaan akan berinteraksi satu dengan yang
lainnya yang akan memengaruhi perusahaan secara keseluruhan, sekecil apapun
peran yang dimainkan oleh setiap elemen tersebut. Misalnya bagian produksi di
suatu perusahaan. Walaupun bagian produksi tidak berhubungan langsung dengan
pelanggan, namun kualitas produk yang dihasilkan sangat menentukan kinerja
fungsi pemasaran.
Sifat-Sifat Etika
Etika merupakan suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai
pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat
baik dan buruk. Berikut ini merupakan sifat-sifat etika dalam bisnis.
- Relativism
Pandangan
masyarakat atau publik atas bisnis ini harus baik. Sehinggan bisnis disetujui
oleh masyarakat.
- Legalism
Menurut
kepada peraturan atau hukum yang ditentukan pemerintah dan umum, yang
menyangkut mengenai nilai etis. Misalnya, standar jam kerja karyawan, upah
buruh, dan sebagainya.
Kode Etik Pertemuan dengan Klien, Supplier, dan Karyawan.
Kode Etik dalam pertemuan dengan
klien, supplier, dan karyawan harus dapat melakukan pola aturan, tata cara,
tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik
merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku dan berbudaya.
Tujuan kode etik agar profesionalisme memberikan jasa sebaik-baiknya kepada
pemakai jasa atau nasabahnya. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang
tidak profesional.
Pada dasarnya kode etik memiliki
fungsi ganda yaitu sebagai perlindungan dan pengembangan bagi profesi .fungsi
seperti itu yang lebih mementingkan pada kode etik sebagai pedoman pelaksanaan
tugas professional dan pedoman bagi masyarakat sebagai seorang professional.
Kesimpulan :
Etika bisnis merupakan seluruh aspek
yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Dalam bisnis, etika sangat berpengaruh
dalam menjalankan bisnis tersebut. Etika bisnis memiliki peranan penting karena
dapat membentuk nilai, normal, serta perilaku karyawan dan pimpinan guna
membangun hubungan adil dan sehat dengan mitra kerja, pemegang saham, atau
masyarakat.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar