Analisa Aspek Keuangan
Modal/aspek
keuangan pada hakekatnya merupakan faktor pelengkap dalam kegiatan wirausaha,
sedangkan salah satu kunci keberhasilan usaha bukan terletak pada banyaknya
modal, tetapi jumlah modal yang tepat dan penggunaan yang tepat. Hal-hal yang
dilakukan dalam analisis keuangan diantaranya sebagai berikut.
- Melakukan
analisis kepekaan (sensitivity analysis).
- Menghitung
biaya modal investasi dan modal kerja.
- Menghitung
biaya operasi.
- Menghitung
proyeksi pendapatan.
- Membuat
modal aliran dana (cash flow).
- Menentukan
kriteria keekonomian suatu proyek.
Adapun risiko-risiko usaha dalam
aspek keuangan diantaranya sebagai berikut.
- Adanya
biaya produksi yang berlebihan.
- Adanya
biaya perusahaan yang berlebihan.
- Adanya
utang perusahaan yang besar.
- Adanya
pinjaman yang berlebihan.
- Adanya
suku bunga valuta asing dan risiko komoditas.
Analisa Potensi Pasar
Analisis Potensi
Pasar atau sering disebut (Market Share Perusahaan) adalah Bagian pasar yang
mampu dikuasai oleh perusahaan apabila dibandingkan dengan penjualan seluruh
industrinya (total penjualan perusahaan yang sejenis) dikenal sebagai Market
Share. Sehingga dapat dikatakan bahwa market share merupakan proporsi kemampuan
perusahaan terhadap keseluruhan penjualan seluruh pesaing, termasuk penjualan
perusahaan itu sendiri. Tingkat market share ditunjukan dan dinyatakan dalam
angka presentase. Atas dasar angka tersebut dapat diketahui kedudukan
perusahaan dan juga kedudukan pesaing-pesaingnya dipasar. Sehingga seringkali
tingkat market share dapat dipergunakan dalam pedoman atau standart
keberhasilan pemasaran perusahaan dalam kedudukannya dengan pesaing-pesaingnya.
Analisa Produk
Analisis produk
adalah pengujian produk dengan melihat beberapa aspek sebagai indikator yang
harus ada pada suatu produk. Sehingga apabila produk tersebut tidak memenuhi
indikator-indikator yang ada, maka pebisnis akan dapat melihat bahwa produk
mereka ternyata tidak lolos uji. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi pebisnis
untuk mengkaji ulang dalam merumuskan kembali segala hal terkait produk
tersebut. Analisis aspek produk terhadap risiko-risikonya, adalah sebagai
berikut.
- Risiko
terhadap daya saing produk yang sejenis/modelnya.
- Risiko
karena ketinggalan teknologinya.
- Risiko
karena penarikan kembali produk-produk yang ditawarkan dipasar karna
kualitas yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen.
- Risiko
karena adanya pemasok tidak mentaati komitmen yang mereka buat.
Analisa Pelanggan
Analisa pelanggan adalah
kegiatan yang dilakukan produsen untuk menganalasis segala sesuatu yang
dibutuhkan pelanggan dan memahami karakteristik pelanggan, seperti penggolongan
pelanggan, pola konsumsi, perilaku, motif pelanggan dan kebiasaan pelanggan. Berdasarkan
daya belinya, permintaan dibagi menjadi tiga macam, yaitu :
- Permintaan
efektif
Permintaan
masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau
kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang
membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.
- Permintaan
potensial
Permintaan
masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan
untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut.
- Permintaan
absolut
Permintaan
konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli.
Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli
barang yang diinginkan.
Analisa Pesaing Usaha
Analisa persaingan
merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan,
ataupermasalahan strategis (strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari
perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing. Analisis
persaingan merupakan aktifitas yang terus menerus dan memerlukan koordinasi
informasi. Bisnis dan unit bisnis menganalisis pesaing dapat dengan cara
menggunakan sistem intelejen pesaing.Untuk kepentingan itu, beberapa teknik
dilakukan seperti pencarian database, survey konsumen, wawancara dengan pemasok
serta partisipan lainnya yang sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk
mempelajari produk pesaing. Setiap teknik yang telah dikemukakan, tampak
didalamnya mengandung unsur titik kedinamisan. Tujuan analisa pesaing antara
lain sebagai berikut.
1.
Memahami arti perubahan
karena perubahan itu perlu.
2.
Mengetahui arti dari
pesaing.
3.
Dapat mengidentifikasikan
pesaing.
4.
Dapat menentukan sasaran
yang diinginkan pesaing sehingga dapat membuat strategi untuk menghadapinya.
5.
Dapat mengidentifikasikan
strategi ynag dibuat pesaing.
6.
Mampu menganalisis
kekuatan dan kelemahan pesaing.
7.
Mampu mengidentifikasikan
reaksi pesaing.
8.
Mampu merencanakan
srategi apa yagn harus dibuat untuk menghadapi pesaing.
Analisa Bahan Baku atau Bahan
Produksi
Bahan baku
merupakan salah satu aspek penting dalam usaha atau bisnis yang dijalankan. Dalam
menganalisis aspek bahan baku atau bahan produksi wirausaha harus
mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
1.
Tersedianya bahan baku
secara kontinue
2.
Sifat bahan baku yang
dihasilkan
3.
Kemudahan dalam mendapatkan
bahan baku produksi
4.
Tenaga kerja yang ada
hubungannya dengan bahan baku produksi
Data yaitu fakta
atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang sangat berguna sebagai dasar
yang relative objektif guna menyusun kebijaksanaan dan keputusan pelaku usaha.
Analisa merupakan sebuah kegiatan untuk membandingkan dua hal atau variabel
sehingga diketahui selisih atau rasionya guna mendapatkan sebuah kesimpulan. Terdapat
dua bentuk data diantaranya sebagai berikut.
- Data
kualitatif
Merupakan
data analisis yang menggunakan model matematis, statistika, dan ekonometrik.
- Data
kuantitatif
Merupakan
analisis data yang dilakukan terbatas pada teknik pengolahan datanya seperti
pada pengecekan datanya.
Kesimpulan :
Resiko usaha
adalah bahaya yang dapat terjadi dalam menjalani sebuah usaha. Resiko-resiko
tersebut daoat terjadi dibeberapa aspek diantaranya keuangan, produk, pesaing,
potensi pasar, pelanggan, serta aspek bahan baku. Bahaya-bahaya tersebut harus
diketahui oleh para pelaku usaha agar dapat menghindari kemungkinan terjadinya
resiko tersebut.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar