Jumat, 21 Februari 2020

Simpel Seblak!

| |

Halo semua! kembali lagi sama akuu hihi. Kali ini aku mau bagiin resep seblak simpel banget ala aku. Resep rumahan banget pokoknya pakai bahan sehari-hari yang pastinya ada di dapur~. Karena aku suka banget sama seblak dan kalo beli terus lumayan boros ya.. jadi aku coba-coba deh bikin seblak dan ternyata rasanya ga kalah loh sama yang dijual diluar sana. Nah ini dia bahan-bahan seblak simpel ala aku.


  1. 2 Ruas kencur. Sebenernya untuk kencurnya ini sesuai selera ya, kalau suka kencur kaya aku bisa pakai 2 ruas biar lebih kerasa gitu.
  2. 2 siung bawang merah 
  3. 2 siung bawang putih
  4. Minyak Goreng
  5. 19 cabai merah setan (cabe yang warnanya orange itu lohh yang pedes banget, dan cabe nya juga bebas ya kalo ga doyan pedes bisa pake satu atau dua buah aja buat pewarna biar ga pucet gitu seblaknya)
  6. Penyedap rasa (aku biasa pakai kaldu jamur atau biasa yang disebut totole, kalau dirumah ada royko atau masako juga boleh kok:) )
  7. Kerupuk (bebas yaa kerupuknya apa aja sesuai selera kalian~)
  8. Tahu, Telur, Bakso, Sosis, Ayam, Mie (Ini bebas ya kalian mau kasih topping apa aja di seblak kalian sesuka dan sebanyak kalian mau!)
  9. Lada
  10. Saus Sambal 
Langkah pertama yaitu rebus dulu air buat merendam kerupuknya, jadi kerupuknya biar agak lunak direndem dulu pakai air panas selama kurang lebih 5-10 menit, ini optional yaa tergantung kalian sukanya lunak banget atau masih agak keras karena kan nanti masih dimasak bersama topping yang lain. Selanjutnya rebus kembali air bersama penyedap rasa hingga mendidih, atau jika kalian punya tulang ayam boleh rebus tulang ayam biar jadi kaldu gitu tapi kalau aku cara simplenya yaitu rebus air bareng sama penyedap rasa. Selagi nunggu kuah kaldunya mendidih lanjut buat ngehalusin bumbu halusnya ada kencur, bawang putih, bawang merah, sama cabai bebas ya kalian mau ngehalusinnya pakai cobek atau pakai blender. Langkah selanjutnya yaitu mari kita menumis bumbu halus~ panaskan minyak goreng, sedikit aja yang penting bisa untuk menumis bumbu, tumis sampai harum ya. Lalu masukkan kuah kaldu yang sudah mendirih, penyedap rasa, lada, dan saus sambal aduk hingga merata jangan lupa untuk koreksi rasa ya!. Lalu masukkan topping sesuai dengan yang kalian mau~ aduk hingga matang dan selesai deh seblaknya..


Mudah bukan? Selamat Mencoba!

0 komentar:

top

Posting Komentar

Gunadarma University

Cute Hello Kitty Kaoani
desiayyy. Diberdayakan oleh Blogger.
 
 

malaaayu | Designed by: Compartidísimo
Images by: Scrappingmar©