Jumat, 26 Juni 2020

Mengetahui Jiwa Kepemimpinan dalam Tim Kerja yang Efektif

| |



Memiliki dedikasi, ketekunan, daya nalar dalam peran anggota tim
Tim merupakan kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual. Setiap anggota didalam tim memiliki tugasnya masing-masing dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan keterampilan yang dimiliki oleh masing-masing anggota tim. Anggota tim tersebut harus memiliki dedikasi, ketekunan, serta daya nalar.

Berpikiran terbuka dan komunikasi antara pemimpin dan pekerja
Berpikian terbuka berarti paham bahwa terdapat banyak orang dengan pemikirannya masing-masing serta menghargai setiap fikiran yang dikemukakan oleh orang lain. Pemimpin dan pekerja harus saling menghargai atas fikiran yang dikemukakan. Komunikasi yang baik juga harus dibangun antara pemimpin dan pekerja agar tidak terjadi kesenjangan di kemudian hari. Pemimpin harus menemukan jalur komunikasi yang tepat terhadap pekerjanya.

Manajemen konflik
Minnery mendefinisikan manajemen konflik adalah suatu proses rasional yang sifatnya iteratif, dimana proses tersebut terjadi secara terus-menerus mengalami penyempurnaan hingga tercapai model yang ideal dan representatif. Pendekatan di dalam manajemen konflik berorientasi pada proses yang mengarah ke dalam bentuk komunikasi dari para pelaku konflik dan pihak ketiga, dan bagaimana mereka mempengaruhi interpretasi dan kepentingan. Di masyarakat yang majemuk seperti Indonesia konflik sering terjadi, baik dalam pelaksanaan operasional bisnis maupun kehidupan bermasyarakat. Berbagai perkembangan, inovasi dan perubahan di masyarakat acapkali menimbulkan konflik, terutama jika perubahan tidak disertai dengan pemahaman tentang ide-ide yang sedang berkembang.
Kesimpulan     :
Tim merupakan suatu kumpulan anggota dengan memiliki tujuan yang sama. Setiap tim harus saling bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam setiap tim memiliki sebuah pemimpin. Pemimpin dalam sebuah tim harus memiliki jiwa kepimpinan sehingga dapat mengarahkan tim tersebut dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pemimpin dalam tim juga harus bisa menghargai pendapat yang dikeluarkan oleh masing-masing anggita.
Sumber            :

0 komentar:

top

Posting Komentar

Gunadarma University

Cute Hello Kitty Kaoani
desiayyy. Diberdayakan oleh Blogger.
 
 

malaaayu | Designed by: Compartidísimo
Images by: Scrappingmar©