Jumat, 26 Juni 2020

SDM Bagi Organisasi Kewirausahaan

| |





Sumber daya manusia merupakan individu produktif yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik itu di dalam institusi maupun perusahaan yang memiliki fungsi sebagai aset sehingga harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam penyediaan sumber daya manusia.
  1. Memperikirakan kebutuhan SDM perusahaan untuk beberapa waktu kedepan.
Perkiraan kebutuhan dilakukan untuk mengetahui SDM seperti apa yang diperlukan perusahaan (penambahan jumlah ataukah peningkatan kualitas) sedangkan perkiraan ketersediaan dilakukan untuk mengetahui SDM yang sedang membutuhkan pekerjaan dan siap direkrut.
  1. Pengembangan talent atau tenaga kerja
a.     Perekrutan
Tahap ini adalah tahap di mana dilakukannya pencarian pada tenaga kerja atau SDM potensial yang bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan.
b.     Seleksi
Tahap ini termasuk proses wawancara dan evaluasi terhadap kemampuan yang dimiliki calon tenaga kerja dan apakah kapasitas calon tersebut sesuai dengan apa yang tengah dibutuhkan.
c.     Memilih dan mempekerjakan
Memutuskan calon final untuk posisi yang dibutuhkan serta memberikan penawaran kerja lebih detail sehingga terdapat terbangun kesepahaman antara perusahaan dengan calon pekerja.
d.     Pelatihan dan pengembangan
Setelah mendapat tenaga kerja yang cocok, kemudian akan dilakukan pelatihan serta pengembangan kemampuan agar tenaga kerja yang baru bisa menyesuaikan diri dengan iklim dan tempo kerja perusahaan.
e.     Hubungan dengan pekerja atau SDM
Usahakan perusahaan memiliki iklim yang nyaman untuk setiap pekerja dan berikan kepastian jaminan kesehatan dan sebagainya agar karyawan bisa fokus untuk bekerja dengan performa terbaik.
Sumber dari SDM
Terdapat beberapa sumber yang mendasari darimana sumber daya manusia tersebut berasal. Berikut ini merupakan beberapa sumber dari SDM.
  1. Sumber dari luar organisasi
a.     Para pesaing
Satu sumber eksternal sumber daya manusia yang umumnya terbuka adalah organisasi kewiraswastaan pesaing.
b.     Badan atau agen penempatan kerja
Suatu agen penempatan kerja adalah suatu organisasi yang mengkhususkan diri di dalam menyesuaikan individu dengan organisasi.
c.     Lembaga pendidikan
Beberapa wiraswastawan pergi secara langsung ke perguruan tinggi untuk mewawancarai mahasiswa-mahasiswa yang mendekati kelulusan. Sekolah bisnis, sekolah teknik, sekolah seni, dan lain-lain mempunyai sumber daya manusia yang agak berbeda untuk ditawarkan.
  1. Sumber dari dalam organisasi
a.     Karir
b.     Promosi
c.     Rotasi jabatan
Motivasi dalam beriwausaha
Motivasi berwirausaha merupakan dorongan kuat dari dalam diri seseorang untuk memulai mengaktualisasi potensi diri dalam berfikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk baru dan bernilai tambah guna kepentingan bersama. Wirausaha akan muncul ketika seseorang berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya. Salah satu motivasi yang paling dibutuhkan pelaku usaha adalah keinginannya untuk terus belajar dan menambah keterampilan. Seperti kita ketahui bersama, motivasi belajar menjadi modal awal bagi para pengusaha untuk mengembangkan raksasa bisnisnya. Karena itu, belajarlah dari orang-orang sukses di sekitar Anda, belajarlah dari kegagalan yang pernah Anda alami, dan belajarlah dari sumber ilmu yang tersedia di seluruh belahan dunia.
Bentuk-Bentuk Komunikasi
Komunikasi adalah salah satu bentuk interaksi yang paling penting dan harus dilakukan oleh sesama manusia. Pada dasarnya komunikasi tidak hanya dilakukan secara vertikal yaitu antar sesama manusia, akan tetapi bisa dilakukan secara horizontal. Berikut ini merupakan bentuk-bentuk dari komunikasi.
  1. Komunikasi intra personal
Komunikasi Intra personal, secara harfiah dapat diartikan sebagai komunikasi dengan diri sendiri. Hal ini menyangkut proses disaat diri (self) menerima stimulus dari lingkungan untuk kemudian melakukan proses internalisasi.
  1. Komunikasi interpersonal
komunikasi interpersonal (komunikasi antar pribadi) dapat diartikan sebagai proses pertukaran makna orang-orang yang saling berkomunikasi. Komunikasi ini dilakukan oleh dua orang atau lebih dan terjadi kontak langsung dalam bentuk percakapan.
  1. Komunikasi kelompok
Komunikasi kelompok merupakan interaksi tatap muka antara tiga orang atau lebih degan tujuan yg telah diketahui, seperti berbagi informasi, pemecahan masalah yang mana anggota-anggotnya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota yang lain secara tepat.
  1. Komunikasi organisasi
Komunikasi organisasi merupkan proses komunikasi yang  berlangsung secara formal maupun non formal dalam sebuah system yang disebut organisasi.
  1. Komunikasi masa
Suatu proses dimana organisasi media memproduksi dan menyebarkan pesan kepada public secara luas.
Teknik Pengembangan Keterampilan
Pengembangan merupakan hal yang dilakukan untuk memperbaiki hal yang sudah ada. Teknik pengembangan keterampilan terbagi menjadi dua, yaitu.
  1. Teknik dalam jabatan
Biasanya yang tercantum  adalah dalam pelatihan dalam jabatan (on the job training).
  1. Teknik ruang kelas
Teknik ruang kelas merupakan teknik tertentu yang ditujukan pada pengembangan ketrampilan dalam ruang kelas termasuk berbagai tipe permainan manajemen dan suatu macam aktifitas permainan peranan.
Kesimpulan     :
Sumber daya manusia atau biasa disebut SDM berperan penting dalam suksesnya sebuah perusahaan. Dalam mencari sumber daya manusia, perusahaan harus menetapkan standar kompetensi yang harus dipenuhi oleh sdm tersebut. Pencarian sumber daya manusia melalui beberapa tahap yaitu, perekrutan, seleksi, memilih pekerja, serta pelatihan. Komunikasi antara sumber daya manusia juga sangat penting untuk dijaga.
Sumber            :


0 komentar:

top

Posting Komentar

Gunadarma University

Cute Hello Kitty Kaoani
desiayyy. Diberdayakan oleh Blogger.
 
 

malaaayu | Designed by: Compartidísimo
Images by: Scrappingmar©